Alat Berat Motor Grader Menurut Definisi dan Fungsinya

Motor Grader secara definitif merupakan sebuah alat perata yang mempunyai bermacam-macam kegunaan. Pada umumnya grader digunakan dalam proyek dan perawatan jalan dan dengan kemampuannya dalam bergerak, motor grader sering digunakan dalam proyek lapangan terbang.

Motor grader terdiri dari enam bagian utama, yaitu penggerak (prime mover), kerangka (frame), pisau (moldboard), sacrifier, circle dan drawbar Alat penggerak motor grader adalah roda ban yang terletak di belakang. Frame menghubungkan penggerak dan as depan. Letak frame cukup tinggi untuk memudahkan maneuver alat. Dalam pengoperasiannya, motor grader menggunakan pisau yang disebut moldboard yang dapat digerakkan sesuai dengan kebutuhan bentuk permukaan. Panjang blade biasanya berkisar antara 3 sampai 5 meter.

Motor grader mempunyai fungsi bermacam-macam, antara lain :

  1. Meratakan dan membentuk permukaan.
  2. Merawat jalan.
  3. Mengupas tanah.
  4. Menyebarkan material ringan

Motor Grader Milik PT. Virajaya Riauputra

Sacrifier adalah unit motor grader yang dikontrol secara hidrolis. Bagian ini mempunyai gigi yang berfungsi untuk menghancurkan material. Sacrifier digerakkan dengan mendorong atau menarik unit ini. Circle adalah bagian motor grader yang berbentuk seperti cincin dengan bagian dalam luar bergigi. Fungsi dari circle adalah untuk menggerakkan blade agar dapat berputar. Drawbar bagian motor grader yang berbentuk V atau T. Drawbar menghubungkan circle dengan bagian depan grader.

Moldboard /pisau dapat digerakkan seperti blade pada dozer, yaitu tilt, pitch, dan angle dengan fleksibilitas yang lebih besar. Gerakan pitching ke depan biasanya untuk pekerjaan finishing dan pencampuran. Sedangkan gerakan pitching ke belakang dilakukan untuk meningkatkan pemotongan.

Sekian penjelasan mengenai Alat Berat Motor Grader Menurut Definisi dan Fungsinya, apabila ada pertanyaan silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah ini, terima kasih.